Sejarah

 

Sejarah Singkat Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada

Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah amanah UUD 1945 agar tercapai peningkatan kualitas manusia Indonesia seutuhnya dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Bahwa untuk mewujutkan cita-cita luhur tersebut ditetapkan system pendidikan nasional sebagai upaya yang terpadu di bidang pendidikan yang berakar dalam kebudayaan bangsa.

Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada adalah Perguruan Tinggi Daerah yang merupakan bagian integral system pendidikan dan pembangunan nasional serta pembangunan daerah. Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada resmi didirikan pada Tahun 2005 berdasarkan REK.BPPSDM Depkes RI No. HK.03.2.4.1.02473 dan SK Mendiknas RI No. 137/D/0/2005. Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada yang selanjutnya disebut AKBID TDH terdiri dari satu Program Studi DIII Kebidanan.

Program Studi DII Kebidanan Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan dan menciptakan ilmu penetahuan teknologi Kebidanan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat di bidang kesehatan.

Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada didirikan oleh Yayasan Tri Dharma Husada yang berdomisili di Jalan Raya Gadobangkong No. 167-C, Kelurahan Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat berdasarkan Ijin Mendirikan Bangunan Nomor 642.2/4/108/DCKTR dari Pemerintah setempat.

Program Studi DIII Kebidanan Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada terdiri dari Kelas Reguler dan sempat membuka Kelas Khusus bagi bidan-bidan lulusan DI yang melanjutkan pendidikan DIII pada Tahun 2008 dan 2012. Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada telah meluluskan 10 Angkatan Kelas Reguler dan 2 Angkatan Kelas Khusus. Saat ini mahasiswa aktif terdiri dari 3 Angkatan dan sedang membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Angkatan XVI untuk Tahun Ajaran 2018/2019.